Cara Buat Link Whatsapp Langsung Ke Chat

Link Whatsapp Langsung Ke Chat

Membuat Link Whatsapp Langsung Ke Chat-Pasti kamu pernah kan membuka website yang menawarkan jasa atau produk. Dan ketika ingin melihat lebih lanjut kamu langsung terhubung menuju chat whatsapp. Hal ini sengaja dibuat oleh si empunya website agar para calon pelanggan mudah untuk mengetahui lebih rinci terkait jasa atau produk yang ditawarkan. Jadi kamu ngga perlu pusing-pusing membaca semua keterangan yang ada di website. Di sisi lain juga ngga perlu simpan nomor whatsapp kalau mau ngirim pesan.

Cukup pencet link whatsapp kamu bisa terhubung dengan customer service dan bisa langsung bertanya terkait jasa atau produk yang dibagikan di website. Semudah itu lho. Kamu juga bisa ko buat link ini agar memudahkan para calon pelanggan kamu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan bantuan device dan sambungan internet. Berikut langkah-langkahnya.

Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Otomatis

Untuk membuat Link Whatsapp atau dikenal WA secara otomatis bisa menggunakan bantuan website.

  • Pertama kamu bisa buka browser kemudian ketik website untuk membuat link wa. Salah satu website yang bisa bantu kamu antara lain wa.wizar.id. Setelah masuk ke situs tersebut, kamu langsung bisa membuat link Wa kamu.
  • Masukkan nomor WA, dengan kode Negara 62, jangan gunakna angka 0 untuk nomor pertama saat mengisi nomor WA kamu ya. Jadi jangan lupa siapkan nomor whatsappnya sebelum buka website.
  • Selanjutnya bisa mengisi pesan yang kamu inginkan. Pesan ini akan otomatis muncul ketika ada yang mengklik link tersebut.

Kamu bisa preview dulu pesan tersebut siapa tahu ada kata yang kurang pas jadi bisa dibaca-baca lagi. Setelah pesan sesuai dan tidak ada salah ketik. Bisa langsung lanjut ke proses berikutnya,
Klik generate link. Udah deh, kamu bisa salin link tersebut dan dibagikan di sosial media atau website kamu. Situs lainnya yang juga bisa memudahkan kamu membuat link wa adalag create.wa.link, dan postcron.com. Kamu bisa juga mencari di google untuk mengetahui situs lainnya.

  • Buat Link Secara Manual

Selain dengan bantuan situs pembuat link kamu juga bisa membuat secara manual. Caranya gunakan url dibawah ini dan tambahkan nomor whatsapp kamu. https://api.whatsapp.com/send?phone=. Nantinya jika url tersebut diklik akan langsung terhubung ke nomor WA kamu. Jadi para calon pelanggan kamu langsung bisa chat secara otomatis tanpa perlu menyimpan nomor kamu terlebih dahulu. Menggunakan cara manual juga bisa menambahkan pesan secara otomatis yang tersemat di link whatsapp.

Masih dengan link di atas dengan menambahkan kata yang diinginkan. Misalnya https://api.whatsapp.com/send?phone=.(Nomor Wa) (pesan singkat yang diinginkan). Untuk menyematkan pesan singkat kamu perlu bermain dengan kode. Ada dua kode di sini sebagai peganti spasi dan enter. Gunakan kode %0 untuk enter dan %20 untuk spasi. Contoh
https://api.whatsapp.com/send?phone=6280123Hai%0Saya%20mau%20membeli%20produk.

Nantinya akan link Wa kamu seperti di atas. Link tersebut bisa kamu sematkan di konten website kamu. Sehingga jika ada yang minat dengan bisnis yang tengah kamu promosikan bisa langsung menghubungi kamu.

  • Manfaatkan Pemendek Link

Hasil pembuatan link secara manual membuat link sangat panjang. Alternatifnya bisa kamu pendekkan, dengan menggunkan pemendek link. Website yang bisa memendekkan link salahsatunya Bit.ly.

Langsung saja buka situs Bit.ly. Kemudian tempelkan link yang telah kamu buat. Terakhir klik shortner dan link sudah bisa kamu bagikan di platform milikmu. Untuk pemendek link yang gratis bentuk linknya ditentukan oleh situs tersebut. Sementara jika kamu ingin mengatur linknya sesuai dengan yang kamu inginkan bisa pilih yang pro.

  • Menggunakan Lambang WA

Setelah link dibuat saat menyematkan agar eye catching biasanya ditambahkan lambang WA. Namun demikian dalam mengatur hal ini setiap platform memiliki cara yang berbeda. Di bawah ini merupakan cara menyematkan link WA beserta lambangnya jika kamu ingin membagikan di CMS wordpress. Membagikan link WA di plaftform baik wordpress ataupun website dinamakan Call to action atau disingkat menjadi CTA. Sebelum menyematkan di CMS kamu harus memiliki lambang WA terlebih dahulu. Kamu bisa cari di internet untuk lambang tersebut.

Selanjutnya buka CMS klik add media tambahkan lambang whatsapp. Isi alt image dan deskripsi, dan tambahkan pada halaman postingan. Lalu klik logo atau gambar WA tersebut klik insert and edit link pada dashboard WordPress. Terakhir masukkan URL WA yang telah kamu buat dan klik add link. Setelah selesai bisa dicoba deh.

membuat link wa

Manfaat Menggunakan Link Chat Whatsapp

Memang terkesan agak ribet ya menggunakan link WA yang menghubungkan langsung ke ruang chatting. Tapi hal ini punya banyak manfaat lho. Terlebih buat kamu yang memiliki bisnis dan menjaring pelanggan dari dunia maya. Berikut manfaat yang bisa kamu rasakan.

  • Memudahkan Calon Pelanggan Berkomunikasi

Menggunakan layanan link Wa menuju ruang chatting memudahkan para pelanggan. Dengan mengklik tautan secara otomatis terhubung dengan orang yang kompeten menjawab segala pertanyaan dan melayani pelanggan secara baik. Makanya sebelum membuat link WA pastikan yang akan menjawab WA adalah orang yang tepat yang menguasai terkait produk atau jasa yang ditawarkan di website.

  • Meminimalisir Kesalahan

Menggunakan link chat WA meminimalisir kesalahan pelanggan dalam menyimpan nomor kamu yang dibagikan di website. Hal ini seperti yang telah dijelaskan menggunakan link, pelanggan langsung bisa berkomunikasi tanpa menyimpan nomor.

  • Lebih Terlihat Profesional

Menggunakan Link Chat WA membuat image atas bisnis yang kamu jalankan lebih profesional. Maka dari itu penting memilih kata yang benar saat membuat pesan singkat pada link WA. Terkesan lebih cepat direspon Link ini juga lebih disukai pelangan dibandingkan menyematkan nomor kantor. Seperti diketahui pelayanan cepat dan tepat lebih disukai para pelanggan apapun bisnis yang kamu jalankan.

  • Penggunaan Layanan Pesan Singkat Lebih disukai Dibanding Telepone Kabel

Menggunakan telepon kantor untuk di website kurang disukai lantaran, terkadang pelanggan tidak langsung bisa bertanya, melainkan hanya mendengar suara mesin penjawab. Menggunakan layanan link chat WA memang serupa dengan telepon kabel dan mesin penjawab versi berbeda. Namun secara psikologis pelanggan saat ini lebih suka melalui chat. Karena sambil menunggu respon atas pesan singkat yang mereka kirimkan tidak harus menaruh ponselnya di telinga. Sambil menunggu bisa juga melakukan hal yang lainnya.

Baca juga:

Perbedaan ini yang tentunya perlu dilihat oleh para pebisnis saat ini. Kondisi ini juga menyesuaikan zamannya. Dimana saat ini penggunakan ponsel pintar lebih mendominasi ketimbang telepon kabel. Sehingga akan lebih efektif jika menyesuaikan gaya hidup para pelanggan saat ini. Selain itu menggunakan telepon kabel juga terkesan kuno. Dan jika target market kamu adalah para generasi millineal tentu menggunakan link chat WA lebih tepat dibandingkan menyematkan nomor telepon kabel.

You May Also Like

About the Author: Gamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cannot copy