Cara Mengatasi HP Ngelag Saat Bermain Game

cara mengatasi hp ngelag

Cara Mengatasi HP Ngelag-Lagi asyik nge-game, eh tiba-tiba handphone macet atau ngelag siapa yang nggak bete. Kekesalan ini memang sering membuat para pengguna sedih dan galau karena merasa tidak nyaman saat beraktivitas dengan smartphone.

Dimana smartphone lambat menerima dan menjalankan perintah maupun aplikasi karena disebabkan banyak hal, seperti spesifikasi ponsel yang nggak cukup tangguh untuk multitasking atau terlalu banyak install aplikasi sehingga cache dari aplikasi yang mengakibat smartphone menjadi lemot ataupun lag.

Apa Faktor Penyebab HP Nge-lag?

Siapa yang nggak bete, jika permainan kesayangan terhenti mendadak karena HP nge-lag atau tidak merespon. Nah, untuk memperbaiki HP yang sering nge-lag, sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebabnya berikut ini:

  • RAM Kecil

Aplikasi Yang Terinstall Banyak; Terlalu banyak aplikasi yang diunduh sedangkan RAM handphone cenderung kecil.

  • Penumpukkan Cache

Cache atau data sementara cukup banyak di dalam handphone dan belum terhapus.
Banyak Aplikasi Digunakan Secara Bersamaan; Terlalu banyak mengakses aplikasi dalam satu waktu sehingga membuat RAM menjadi penuh dan kemudian nge-lag.

  • Root Yang Tidak Sempurna

Pemilik smartphone sering melakukan root. Nah apabila root kurang sempurna atau gagal akan membuat android mengalami error. Tidak hanya lag bahkan bisa berujung dengan mati total. Jadi kamu harus menginstall kembali android atau lakukan factory reset.

  • Adanya Virus

Sama dengan laptop, smartphone yang terdeteksi virus akan mengakibat handphone lemot dan lag. Biasanya virus menyerang karena kamu mengunjungi beberapa situs yang terdapat virus.

Untuk mengatasi hal ini, kami memberikan tips untuk bisa membantu mempercepat kinerja HP-mu seperti sedia kala.

hp ngelag

Cara Mengatasi HP Ngelag

Ada beberapa tips yang akan kami berikan sehingga anda bisa mengatasi hp yang ngelag saat bermain game, apa sajakah itu berikut ini tips-tips untuk anda.

Hindari menggunakan aplikasi secara bersamaan

Jika kamu tahu HP sering mengalami lagging atau nge-lag, sebaiknya hindari membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan alias multitasking. Tak bisa dipungkiri, membuka beberapa aplikasi secara serentak memang menambah efisiensi, tetapi hal ini juga turut membebani kinerja RAM sehingga HP mu jadi makin bertambah lemot.

Hal ini bisa terjadi, karena ketika membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, prosesor HP harus mengelola data dalam waktu yang sama. Tak heran deh, akibatnya loading HP jadi lambat karena RAM terpakai untuk memuat banyak aplikasi. Sebaiknya, tunggu hingga satu aplikasi digunakan, atau tutup semua aplikasi yang sudah tidak dipakai. Dengan begitu, bermain game atau melakukan hal seru lainnya di HP jadi lebih lancar tanpa terganggu lagging.

Uninstall aplikasi yang tidak penting

Membuang beberapa aplikasi yang sudah tidak dipakai dapat membuka ruang penyimpanan atau memori HP yang lebih besar. Alhasil pada gilirannya dapat membuat kinerja HP jadi lebih cepat dan nyaman dipakai.

Coba pertimbangkan kembali apakah ada aplikasi yang sudah tidak terlalu urgent dipakai? Atau bahkan jarang dibuka? Jika demikian, sebaiknya uninstal saja agar HP bisa lebih bekerja optimal dan cepat.

Membersihkan cache HP secara rutin

Cara mengatasi hp ngelag berikutnya adalah bersihkan cache. Tanpa disadari, terkadang ada beberapa riwayat data penyimpanan berkelanjutan yang membebani memori RAM HP. Inilah yang kerap disebut dengan cache. Dalam beberapa poin, cache memang berguna untuk login atau riwayat penelusuran pada browser akan tetapi jika dibiarkan menumpuk juga membuat HP lemot.

Secara teratur, coba bersihkan cache dari aplikasi-aplikasi yang pernah dijalankan. Cara membersihkan cukup mudah. Klik tombol “clear cache” pada browser HP kamu.

Gunakan wallpaper biasa

Apabila sebelumnya kamu menginstall tema atau launcher android. Hapus tema, gunakan wallpaper biasa dan jangan yang animasi. Jika smartphone kamu berkapasitas RAM 2GB mungkin tidak masalah tapi jika di bawah kapasitas maka nantinya akan jadi masalah. Lebih baik tidak memakai tema pada smartphone-mu.

Menggunakan Widget seperlunya di homescreen

Penampilan homescreen yang menjadi pusat perhatian pertama kali memakai HP tentunya sangat mengagumkan. Namun, jangan pula memakai widget secara berlebihan. Karena hal ini akan langsung berdampak pada kinerja HP yang jadi gampang lagging atau lemot.
Pemakaian widget yang tergolong wajar adalah terdapat satu atau dua widget di laman homescreen utama. Lebih dari tiga widget, kamu patut waspada jika HP mu tiba-tiba lemot.

Mengatasi HP Ngelag Dengan Scan Antivirus

Bila smartphone masih mengalami lemot bahkan saat bermain game tetap terkendala lag, mungkin smartphone kamu telah terkena virus yang menjengkelkan. Untuk itu disarankan melakukan scan menggunakan antivirus atau anti malware. Ada beberapa smartphone sudah tersedia anti-virus anda tinggal tekan scan anti virus nya saja. Namun bila smartphone kamu tidak ada antivirusnya, kamu bisa mencari di google play store dengan keyword anti virus atau scan virus.

Update sistem android secara berkala

Sistem pengoperasian pada android , tidak selamanya sempurna. Terkadang masih ditemukan bug sehingga menyebabkan smartphone lemot atau error. Untuk menghindarinya ada kalanya kamu harus update sistem android kamu. Caranya Pengaturan > Tentang Ponsel > Perbarui Sistem > Install update sistem yang baru.

Kegagalan pada Rooting

Sistem rooting sudah termasuk dalam kategori internal sistem Android. Coba cek lagi apakah root HP kamu sudah sempurna? Atau sebelumnnya pernah gagal di tengah jalan?
Sebab, bila sampai terjadi kegagalan rooting maka bukan mustahil kenapa sistem Android HP mu sering error termasuk nge-lag.

Tak cuma lemot atau lambat, terkadang HP kamu juga bisa mati total, lho! Makanya, untuk mengatasi dan mencegah hal fatal yang membuat HP mu lemot hingga mati total segera install OS Android baru dengan sistem rooting yang benar atau melakukan factory reset sendiri.

Tingkat brightness layar

Tak perlu repot mengatur sendiri kecerahan layar secara manual, karena di HP mu sudah ada fitur auto brightness secara otomatis. Dengan begitu, melihat teks atau gambar dan video di layar HP semakin jelas dan terang.

Akan tetapi, auto brightness ini rupanya juga sering membuat HP lebih lemot, bahkan menguras tenaga baterai. Kalau kamu sedang berada di tengah perjalanan dan ingin menghemat baterai, sebaiknya atur brightness secara manual.

Gunakan memory eksternal

Sudah melakukan berbagai cara di atas, tapi HP tetap saja gampang lag dan lemot? Masih ada jalan terakhir untuk ditempuh, yaitu menambah eksternal memori atau Micro SD slot ekstra. Dengan memori eksternal, ruang penyimpanan di HP akan bertambah besar untuk membagi beban kinerja RAM. Jadi, smartphone atau HP kamu juga akan berfungsi optimal sebagaimana mestinya.

Dari beberapa cara di atas, mana nih yang sudah pernah berhasil kamu coba untuk mengatasi HP not responding atau nge-lag?

Baca juga:

Akhir Kata

Demikianlah tadi beberapa tips yang dapat kami share kepada anda semuanya untuk mengatasi hp ngelag, semoga bisa bermanfaat untuk anda semuanya dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Gamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cannot copy