Cara Mengatasi Mobile Legends Restart Sendiri

Mengatasi Mobile Legends Restart

Mobile Legends merupakan salah satu permainan yang populer dan hits saat ini. Hal tersebut dikarenakan alur permainannya yang mudah dipahami namun memberikan pengalaman bermain yang seru. Ketika asik bermain terkadang ada saja hal yang membuat kita merasa jengkel dan salah satunya ialah game Mobile Legends sering restart sendiri. Ini memang cukup mengganggu, oleh karena itu, di ulasan kali ini kami akan mencoba berbagi solusi mengatasinya.

Penyebab dan cara mengatasi Mobile Legends yang melakukan restart sendiri ini memang sangat vervariasi dan itu tergantung pada smartphone yang sedang kita gunakan, sebagian besar memang saat ini banyak yang menggunakan ponsel model Android. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan ponsel maupun perangkat lain yang menggunakan sistem operasi yang berbeda, kemungkinan proses dan hasil yang di dapatkan juga akan berbeda.

Cara Mengatasi Mobile Legends Restart Sendiri di Android

Ketika aplikasi Anda melakukan restart sendiri, ada banyak penyebab yang bisa terjadi, baik karena pengaruh dari ponsel, software maupun media penyimpanan. Dengan sebab yang berbeda, maka cara mengatasinya pun juga berbeda, sesuai dengan penyebab masalahnya.

  • Install Aplikasi ML yang Baru

Saat memainkan Mobile Legends dan mendapati bahwa game tersebut tidak bisa dibuka, hanya bisa terbuka setengah jalan, muncul tulisan eror, melakukan loading yang lama dan berat, kemungkinan terjadi permasalahan pada aplikasi itu sendiri. Apabila sebuah aplikasi tidak lengkap ataupun rusak, maka ia sering mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan sebelumnya.

Untuk masalah mengatasi Mobile Legends restart sendiri apabila penyebabnya adalah aplikasi yang rusak, maka cara memperbaikinya dengan melakukan install ulang aplikasi ataupun melakukan update pada permainan ML. Anda hanya perlu menghapusnya, kemudian mengunduh ulang ML milik Anda.

  • Menghapus File Sampah

Penyebab selanjutnya dari ML yang sering restart sendiri, adalah file junk atau cache yang membuat memori penyimpanan Anda penuh. Ini akan menyebabkan permainan tidak bisa menyimpan data dengan cepat, sehingga restart aplikasi pun sering terjadi. Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk melakukan pembersihan sampah, atau menghapusnya secara manual.

Langkahnya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka Setting atau Pengaturan di ponsel milik Anda, kemudian memilih menu Setelan Tambahan, mencari Manajamen Aplikasi, lalu memilih aplikasi Mobile Legends Anda dan melakukan pembersihan dengan fitur Hapus Cache. Tunggu sejenak hingga proses tersebut selesai, kemudian buka kembali game ML Anda, biasanya permainan akan bertambah ringan dalam proses loadingya.

  • Mengecek Jaringan Internet

Mengatasi ML yang melakukan restart sendiri selanjutnya adalah dengan memeriksa penggunaan jaringan internet yang Anda pakai. ML sendiri merupakan permainan dengan basis online, sehingga memerlukan koneksi internet untuk membuka dan memainkannya. Jaringan yang baik, dengan kecepatan yang tinggi tentu akan memudahkan proses loading maupun penyimpanan permainan.

Namun jika koneksi yang Anda miliki tidak begitu bagus, bisa saja ML Anda malah akan melakukan restart sendiri di tengah permainan. Jika demikian, tentu Anda bisa saja kalah karena aplikasi yang tiba-tiba tertutup sendiri. Anda bisa memancing sinyal dengan memanfaatkan fitur Mode Pesawat Terbang pada ponsel, untuk sinyal yang lebih lancar dan cepat.

  • Update Game

Jika restart masih terus terjadi, cara mengatasi Mobile Legends restart sendiri selanjutnya adalah dengan melakukan update pada ML milik Anda. Permainan yang menggunakan versi lama, lebih mudah mengalami kerusakan daripada versi yang baru. Ini berlaku pula untuk jenis aplikasi lainnya. Apabila memang demikian, segeralah untuk melakukan update dengan langkah seperti berikut.

Mobile Legends Sering Restart Sendiri

Cara Update Aplkasi di Play Store

  1. Buka Google Play pada ponsel yang terdapat permainan ML
  2. Jika sudah, buka sub menu Aplikasi dan Games Saya yang terdapat pada jendela tertutup sebelah kiri layar.
  3. Carilah permainan Mobile Legends milik Anda, kemudian akan muncul informasi mengenai update terbaru permainan
  4. Tekan Update dan kemudian pilih Terima atau OK
  5. Secara otomatis, permainan akan melakukan update data. Anda harus menunggunya hingga selesai, sebelum kemudian membuka dan memainkannya kembali.
  • Menggunakan Aplikasi Keamanan

Langkah selanjutnya untuk mengatasi ML yang terus menerus restart adalah dengan menggunakan aplikasi keamanan. Pada beberapa ponsel tertentu, Anda tidak perlu melakukannya secara manual, telah terdapat pengecekan keamanan aplikasi dengan fitur yang telah tersedia pada ponsel tersebut. Selain itu, kadang dilengkapi pula dengan fitur penghapus cache atau sampah aplikasi.

Anda juga bisa melakukan boosting pada memori penyimpanan RAM Anda, sehingga memudahkan Anda untuk bermain ML dengan lebih cepat dan tidak lemot. Ia akan memaksimalkan jalannya permainan, sehingga game ML Anda tidak terus menerus melakukan restart sendiri. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Buka aplikasi Keamanan pada ponsel milik Anda, pada ponsel Xiaomi, biasanya terletak pada menu Setting pada halaman home screen. Anda kemudian akan dibawa ke halaman baru dengan salah satu menu bertuliskan Pembersihan.

Ponsel kemudian akan melakukan scanning pada seluruh aplikasi di ponsel Anda untuk menemukan berbagai file cache atau sampah. Jika sudah selesai, klik ikon Bersihkan dan tunggu hingga proses selesai.

Proses telah selesai ketika pemberitahuan muncul bahwa Anda telah berhasil menghapus sejumlah file sampah tertentu.

Berbeda dengan langkah Penghapusan File Sampah sebelumnya, cara mengatasi Mobile Legends restart sendiri yang satu ini, bisa sekaligus meningkatkan kapasitas RAM milik Anda, karena ia menutup secara otomatis aplikasi yang tidak di perlukan.

  • Penyimpanan RAM yang Kecil

Ukuran RAM yang kecil juga merupakan salah satu penyebab mengapa ML Anda melakukan restart sendiri. Jika penyimpanan RAM Anda dibawah 2 GB, permainan ML Anda mungkin tidak nyaman dilakukan karena loading yang lama. Proses penyimpanan data pun menjadi lebih lambat karena kapasitas memori yang kecil tersebut.

Jika belum bisa mengganti ponsel dengan kapasitas RAM yang lebih tinggi, usahakan hanya menggunakan aplikasi yang diperlukan saja ketika hendak memainkan permainan ini. Akan lebih baik apabila hanya membuka satu aplikasi saja dan menutup aplikasi lainnya. Dengan demikian, aplikasi tidak mengambil jatah penyimpanan atau proses loading yang hendak Anda pakai untuk bermain Mobile Legends.

  • Android Telah di Rooting

Rooting merupakan hal yang ilegal dalam penggunaan ponsel. Walaupun memudahkan Anda dalam beberapa aspek tertentu, namun ia juga bisa memberikan efek buruk berupa aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa dibuka ataupun melakukan restart sendiri. Root sebenarnya mengubah akses sistem, dimana sistem yang tidak bisa Anda akses bisa dikelola sendiri setelah dilakukan rooting.

Walau berhasil, beberapa file maupun data akan corrupt dan rusak, sehingga menyebabkan beberapa aplikasi harus dilakukan instal ulang untuk memperoleh data yang lengkap dan kompatibel kembali.

Baca juga :

Itulah beberapa langkah dan cara mengatasi Mobile Legends restart sendiri. Semoga dengan penjelasan yang sudah kami sampaikan diatas, Anda bisa mengatasi masalah permainan Anda yang terus menerus melakukan restart sendiri. Jangan lupa untuk sering melakukan scanning pada ponsel untuk menghapus file sampah dan yang lainnya, untuk performa ponsel yang lebih maksimal.

You May Also Like

About the Author: Gamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *