Cara Menggabungkan PDF yang Paling Mudah

menggabungkan pdf

Cara Menggabungkan PDF-Berbicara mengenai file, baik itu dalam dunia pendidikan maupun dunia pekerjaan, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis file yang satu ini, yaitu PDF. File ini dirasa lebih aman untuk dibagikan karena orang lain tidak bisa melakukan pengeditan dan perubahan pada isi file tersebut. Sehingga, akan menyulitkan orang lain untuk melakukan copy paste pada file hasil kerja Anda.

Mungkin beberapa dari Anda juga masih belum mengetahui tentang kepanjangan dari PDF itu sendiri. PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format, yang merupakan salah satu jenis dokumen atau berkas yang dibuat untuk keperluan pertukaran berkas dokumen secara digital. Format ini dibuat pada tahun 1993 oleh perusahaan Adobe System.

Dokumen yang pada awalnya diciptakan hanya untuk keperluan pengiriman berkas dokumen secara digital ini, kini juga fungsinya merambah sebagai dokumen yang digunakan untuk melakukan presentasi dua dimensi, yang mana terdiri dari huruf, teks, grafik, vector, citra, dan juga yang lainnya yang bisa disusun dalam satu file dengan cara menggabungkan PDF.

Kelebihan Dokumen Format PDF

Pada awalnya, dokumen dengan jenis PDF ini tidak banyak digandrungi oleh orang-orang, karena kebanyakan orang lebih memilih dokumen dengan format Microsoft Office. Namun, lama-kelamaan banyak orang menyadari bahwa dokumen dengan format PDF ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan dokumen dengan format lainnya.

Yang pertama, format PDF ini bisa dibilang lebih fleksibel untuk digunakan. Hal ini sudah jelas terlihat dari namanya, yaitu ‘’Portable’’, dimana format ini mengusung produk digital yang fleksibel untuk dibagikan dan bisa diakses dari perangkat manapun. Baik itu dari perangkat komputer maupun perangkat telepon seluler.

Bahkan, dokumen dengan format PDF ini apabila diakses dari perangkat yang mempunyai versi berbeda pun tidak akan mempengaruhi isi dari dokumen tersebut. Sehingga apabila Anda memasukkan gambar atau grafik pada dokumen Anda, susunannya tidak akan berubah sama sekali, sehingga dokumen Anda akan tetap aman.

Berbeda halnya dengan dokumen dalam format Microsoft Office yang mana apabila dibuka dari versi yang lebih rendah, maka susunan isinya biasanya akan menjadi berantakan. Bahkan, saat ini Adobe System juga sudah membuat program Acrobat 3-D yang mampu menampilkan dokumen PDF dalam bentuk tiga dimensi.

Seiring berjalannya waktu, dokumen PDF ini juga tidak hanya bisa diakses oleh Adobe Reader saja, melainkan juga sudah bisa diakses oleh software lainnya seperti Foxit Reader, Sumatra PDF, Adobe Flash, Google Chrome, dan juga yang lainnya. Selain itu, kelebihan dari dokumen format PDF ini juga yaitu mempunyai fitur kunci. Adobe System telah mengembangkan fitur lock atau kunci pada dokumen PDF.

Jadi, apabila Anda ingin dokumen Anda diproteksi untuk menghindari tindakan penyalinan dari isi file Anda, maka Anda bisa mengaktifkan fitur lock pada dokumen dengan format PDF ini. Dokumen dengan format PDF yang menggunakan fitur lock ini akan membutuhkan password untuk membukanya, sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses dokumen Anda.

Selain ada fitur lock, dokumen dengan format PDF ini juga masih bisa diedit tentunya. Namun, harus menggunakan bantuan software dari PDF reader. Dengan menggunakan bantuan dari software ini, susunan isi dalam dokumen PDF dijamin tidak akan berantakan maupun kacau.

cara menggabungkan pdf

Cara Menggabungkan PDF

Selain bisa diedit dengan menggunakan bantuan dari software PDF reader, Anda juga bisa melakukan pengeditan dengan cara yang lainnya. Yaitu dengan cara menggabungkan beberapa file PDF. Namun, pengeditan semacam ini hanya bisa dilakukan untuk menyatukan susunan isi dokumen saja, bukan untuk melakukan pengeditan pada isi dokumennya secara langsung.

Untuk menggabungkan beberapa dokumen PDF ini bisa Anda lakukan dengan cara yang sangat mudah. Karena sekarang semakin banyak cara menggabungkan PDF yang bisa diakses, salah satunya dengan cara online. Anda hanya perlu mengunjungi alamat website yang menyediakan jasa untuk menggabungkan dokumen PDF ini.

Yang pertama, Anda bisa menggunakan Adobe Acrobat, yang merupakan software dari Adobe Systems yang mempunyai fungsi bukan hanya untuk mengedit PDF seperti Adobe Reader, tetapi juga bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa dokumen PDF. Caranya, apabila di komputer Anda belum tersedia aplikasi ini, maka Anda perlu menginstall terlebih dahulu aplikasi Adobe Acrobat ini.

Kemudian, Anda tidak boleh memilih versi trial, melainkan Anda harus memilih versi Standard atau Pro. Selanjutnya, Anda tinggal membuka aplikasi ini kemudian pilih tombol ‘’Create’’ yang terdapat di bagian toolbar utama. Jika tombol ‘’Create’’ ini tidak bisa Anda temukan, maka solusinya adalah Anda bisa memilih untuk mengklik tombol ‘’View’’, kemudian dilanjutkan dengan memilih tombol ‘’Task’’.

Setelah itu, Anda pilih ‘’Show All Task Buttons’’, selanjutnya akan muncul pilihan menu ‘’Combine Files into a single PDF’’ yang tentunya berfungsi untuk menggabungkan dokumen PDF. Setelah sampai di menu ini, cara menggabungkan PDF ini hanya perlu dilakukan dengan cara memilih dokumen PDF mana saja yang akan Anda gabungkan untuk menjadi satu file, dengan cara klik ‘’Browse’’.

Anda bisa memasukkan dokumen secara acak, karena nanti pun urutannya bisa Anda sortir kembali. Setelah Anda selesai melakukan penyortiran dokumen-dokumen ini, maka Anda tinggal menekan tombol ‘’Combine Files’’, kemudian klik ‘’Ok’’. Setelah proses penggabungan PDF ini selesai, Anda harus menyimpannya dengan cara memilih menu ‘’Save As’’.

Menggabungkan PDF Secara Online

Selain dengan menggunakan software Adobe Acrobat, Anda juga bisa menggabungkan PDF secara online, sehingga Anda tidak perlu melakukan penginstallan aplikasi terlebih dahulu. Adapun website yang menyediakan akses untuk menggabungkan PDF secara online ini diantaranya yaitu smallpdf.com, www.ilovepdf.com, pdfcandy.com, combinepdf.com, www.sodapdf.com. www.freepdf.com, pdfjoiner.com, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu bagaimana cara menggabungkan PDF secara online ini? Pada dasarnya, sistem menggabungkan PDF di setiap website ini akan sama, yaitu Anda masuk terlebih dahulu ke website yang akan Anda gunakan. Kemudian, Anda pilih dokumen mana saja yang akan disatukan. Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol ‘’Merge files’’, setelah dokumen selesai disatukan, maka Anda tinggal mengunduh dokumen PDF hasil gabungan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan dokumen PDF dilakukan lewat telepon seluler Anda, yaitu dengan menggunakan aplikasi WPS Office. Pasti Anda sudah familiar dengan aplikasi penampil dokumen yang satu ini bukan? Anda hanya perlu membuka salah satu dokumen, kemudian klik ‘’Edit’’, di sana akan muncul pilihan ‘’PDF Merge’’.

Maka Anda tinggal pilih opsi tersebut, lalu mulai masukkan dokumen PDF lain yang akan disatukan, setelah itu, dokumen PDF hasil gabungan Anda akan siap.

Baca juga:

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara menggabungkan PDF yang sangat mudah untuk dilakukan, baik dengan menggunakan komputer maupun dengan menggunakan telepon seluler. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Gamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cannot copy