Cara Menggunakan Whatsapp Web di Android dan PC

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Whatsapp, siapa yang tak mengenal salah satu jenis aplikasi pesan instan ini. Aplikasi messanger atau pesan instan ini merupakan salah satu jenis aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Aplikasi ini menawarkan kemudahan berkomunikasi serta berbagai fitur menarik lainnya yang tidak hanya bermanfaat dalam memudahkan komunikasi namun juga membuat komunikasi lebih seru. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah pengguna tidak hanya bisa mengakses Whatsapp melalui perangkat ponsel pintar saja, namun juga melalui perangkat PC, yaitu menggunakan Whatsapp Web. Nah, untuk Anda pengguna Whatsapp bisa memanfaatkan cara menggunakan Whasapp web berikut untuk semakin memudahkan komunikasi Anda.

Whatsapp web sendiri merupakan fitur yang diberikan oleh Whatsapp kepada penggunanya untuk bisa mengakses Whatsapp dari perangkat komputer atau PC tanpa perlu mengunduh atau mendownload aplikasinya. Meskipun tidak diakses dari aplikasi smartphone, namun whatsapp web ini juga tetap memberikan fungsi yang sama seperti whatsapp aplikasi pada umumnya. Anda tetap bisa berkirim pesan teks, mengirimkan dokumen, gambar, video, suara sekaligus mengunduhnya. Dari whatasapp web ini Anda juga bisa melihat story teman-teman di kontak Anda, meskipun Anda tidak bisa membuat story sendiri dari whatsapp web.

Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC

Whatsapp versi web ini bisa dimanfaatkan ketika Anda sedang tidak ingin mengakses Whatsapp melalui smartphone. Untuk menggunakan Whatsapp web ini pun sangat mudah, dan Anda tidak perlu menginstal aplikasi serupa di perangkat komputer atau PC Anda. Lalu bagaimana cara menggunakan Whatsapp web? Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda ikuti.

  • Buka Situs Whatsapp Web

Langkah pertama untuk menggunakan Whatsapp web adalah buka laman web whatsapp terlebih dahulu. Anda bisa mengaksesnya di laman whatsapp web dari perangkat komputer atau PC Anda. Namun, laman ini tidak bisa diakses menggunakan semua browser. Untuk bisa mengakses Whatsapp web ini Anda hanya bisa mengaksesnya menggunakan browser Mozilla Firefox dan Google Chrome. Selain kedua platform tersebut, Anda tidak akan bisa mengaksesnya.

  • Masuk ke Pengaturan

Jika sudah, dari whatsapp web yang baru saja Anda akses tersebut, lalu masuk ke Pengaturan. Nah, berbeda dengan jenis meda sosial lainnya, dimana untuk masuk Anda diminta untuk memasukkan username (id) dan pasword, maka whatsapp web berbeda. Anda hanya perlu melakukan scanning pada barcode whatsapp untuk bisa masuk. Barcode inu akan Anda lihat begitu Anda masuk ke situs whastaspp web, berada di sebelah kanan tampilan layar.

Selanjutnya beralih ke whatsapp di ponsel pintar Anda. Untuk bisa memindai QR Code di whatsapp web, Anda membutuhkan fitur dari aplikasi whatsapp yang ada di ponsel Anda. Caranya, buka aplikasi whatsapp pada ponsel Anda. Pilih menu opsi dengan tanda titik tiga yang berada di bagian kanan atas tampilan whatsapp. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih pada opsi Whatsapp web.

  • Scan QR Code Whatsapp Web

Setelah Anda memilih opsi whatsapp web pada aplikasi whatsapp di ponsel Anda, maka selanjutnya Anda akan dialihkan pada tampilan instruksi untuk menggunakan whatsapp web. Klik pada tulisan ‘Ok, I Got It’ atau ‘Saya Mengerti’ untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Setelah Anda klik tulisan tersebut, Anda akan dialihkan pada kamera dari whatsapp yang akan digunakan untuk scanning barcode atau QR code whatsapp web.

Langkah terakhir dari cara menggunakan Whatsapp web adalah tinggal scan QR Code pada tampilan whatsapp web menggunakan kamera dari ponsel pintar Anda. QR code ini adalah kode akses yang digunakan oleh whatsapp untuk masuk kr akun Anda tanpa perlu memasukkan ID dan password seperti media sosial lainnya.

Arahkan kamera pada QR code di tampilan whatsapp web sampai QR code terbaca. Apabila sudah terbaca, selanjutnya Anda akan langsung dialihkan ke tampilan utama whatsapp web. Selesai sudah cara masuk ke whastaspp web. Selanjutnya Anda bisa menggunakan whatsapp dari web layaknya menggunakan whatsapp biasa. Perlu Anda perhatikan, ketika menggunakan whatsapp web, pastikan baik perangkat komputer maupun perangkat ponsel Anda terhubung ke jaringan internet. Hal tersebut juga berlaku saat Anda memulai proses koneksi whatsapp web.

Selain bisa mengakses Whatsapp web dari komputer atau PC, Anda bisa juga mengakses whatsapp web ini dari perangkat smartphone. Dengan cara ini Anda bisa terhubung ke dua akun whastapp berbeda dalam satu akun, yaitu whatsapp aplikasi dan whatsapp web. Lalu, bagaimana cara menggunakan Whatsapp web dari perangkat ponsel pintar? Berikut caranya.

Whatsapp Web

Menggunakan Whatsapp Web di Smartphone Android

  • Buka Browser dengan Desktop Mode pada Perangkat Smartphone Lain

Jika sebelumnya sudah dijelaskan tentang bagaimana menggunakan Whatsapp wrh dari perangkat komputer, cara mengakses whatsapp web dari perangkat ponsel pintar, baik yang berbasis android maupun iOS pun tidak kalah mudah. Anda hanya harus menyiapkan perangkat smartphone lain, bisa perangkat android maupun iOS. Jika sudah, buka browser Google Chrome pada perangkat tersebut. Namun pastikan dulu browser yang Anda buka dalam kondisi Desktop mode. Caranya, klik ikon tiga titik yang berada di bagian kanan atas tampilan Google Chrome, lalu klik ‘Desktop Mode’, maka tampilan seperti desktop komputer akan diaktifkan.

  • Buka Laman Whatsapp Web

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah buka situs whatsapp web dari Google Chrome tersebut. Anda bisa mengaksesnya di https://web.whatsapp.com/ sama seperti ketika mengakses Whatsapp web dari komputer sebelumnya. Karena Anda sudah mengaktifkan Desktop mode pada tampilan google chrome di perangkat ini, maka setelah Anda mengakses whatsapp web, Anda akan melihat tampilan yang serupa dengan tampilan whatsapp web yang diakses dari komputer atau PC.

  • Scan QR Code

Langkah terakhir juga sama seperti sebelumnya. Anda hanya perlu melakukan pemindaian atau scanning QR code whatsapp web yang ditampilkan. Proses pemindaian ini harus menggunakan ponsel Anda sendiri dimana whatsapp mobile Anda terinstal. Karena tampilan desktop mode google chrome pada perangkat android relatif lebih kecil dibandingkan dengan tampilan komputer, untuk memudahkan proses scanning, Anda bisa melakukan zoom in pada tampilan google chrome ini.

Baca juga :

Zoom sampai QR code terlihat jelas dan terbaca oleh kamera pemindai. Arahkan kamera pemindai ke arah QR code dengan tepat. Apabila proses scanning berhasil, maka Anda akan langsung dialihkan ke tampilan utama whatsapp web seperti di komputer. Tampilan sama persis, hanya saja ukurannya memang lebih kecil karena menyesuaikan dengan ukuran layar smartphone. Selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan whatsapp web dari perangkat smartphone ini sebagaimana penggunaan whatsapp web dari perangkat komputer.

Demikian tadi penjelasan lengkap bagaimana cara menggunakan whatsapp web baik dengan perangkat komputer maupun perangkat android. Dengan cara ini bisa menjadi alternatif solusi jika Anda butuh mengakses whatsapp namun terjadi kendala pada ponsel Anda. Tampilan whatsapp web yang sama dengan whatsapp mobile juga tidak akan mengurangi fitur yang bisa Anda dapatkan saat berkomunikasi dengan menggunakan whatsapp mobile

You May Also Like

About the Author: Gamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cannot copy