Cara Video Call WhatsApp Menggunakan Laptop

cara video call whatsapp di laptop

Banyak orang mencari cara video call di WhatsApp mengunakan laptop tanpa emulator. Ini merupakan hal yang wajar sebab media sosial tersebut hampir digunakan oleh seluruh orang di dunia. Setidaknya jumlah penggunanya telah mencapai 1,5 miliar. Bahkan, 80 % warga Indonesia menggunakannya. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan hal ini belum terdapat fitur yang bisa anda terapkan karena kita memerlukan emulator sebagai media perantara.

Dahulu, WhatsApp hanya dapat digunakan di Android atau IOS. Namun, tahun terus berganti dan para penggunanya telah bisa memakai fitur ini via laptop. Semenjak itu, pemakai WA pun semakin bertambah hingga membludak. Tidak sedikit orang yang memiliki 2 akun untuk memudahkan dalam berkomunikasi.

Adanya fenomena kepemilikan ganda WhatsApp ini bukanlah hal tabu. Itu dikarenakan kebutuhan media sosial yang lebih, terutama bagi orang pemilik dua kesibukan berbeda sehingga memilih memisahkan kehidupan pribadi dengan bisnisnya. Bahkan, tak sedikit pula pemilik lebih dua akun.

WhatsApp mempunyai fitur-fitur yang menarik, salah satunya video call. Fitur itu memungkinkan penggunanya melakukan interaktif telepon dengan tatap muka. Bahkan sebagian besar penggunaa fitur yang satu ini berasal dari Indeonesia. Tingginya animo masyarakat terhadap aplikasi ini menandakan bahwa media sosial ini sangat menjadi favorit.

Lalu, bagaimana cara melakukan video via WhatsApp yang ada di laptop atau komputer, untuk melakukan cara ini kita bisa menggunakan emulator, ada banyak pilihan emulator yang dapat anda perghunakan dan salah satunya adalah Bluestack.

bluestack

Apa Itu Bluestack?

Salah satu emulator yang bisa membantu Anda melakukan video call via laptop ialah Bluestack. Piranti ini termasuk piranti populer. Banyak orang menggunakannya termasuk masyarakat Indonesia. Tingginya minat pada software ini karena penggunaannya yang sangat mudah dan fitur yang terdapat pada emulator ini cukuplah lengkap.

Lalu, sebenarnya apa itu Bluestack dan apa kegunaannya? Piranti lunak tersebut merupakan software bertipe emulator dengan fungsi agar seseorang dapat menjalankam berbagai aplikasi-aplikasi Android via laptop atau komputer kesayangan.

Sekilas mengenai emulator satu ini Bluestack, perusahaan teknologi ini dibuat oleh Rosen Sharma pada tahun 2009. Software itu asli buatan Amerika Serikat. Kurang lebih 11 tahun sudah piranti tersebut membantu mempermudah kehidupan sosial banyak orang.

Aplikasi berbasis emulator ini sangat canggih. Berita baiknya, seseorang bisa mendapatkannya secara gratis. Kini dengan keberadaan piranti keren tersebut, Anda dapat menjalankan WhatsApp via web dengan mudah dan praktis. Penasaran bagaimana caranya? Berikut akan dijabarkan secara rinci.

cara video call wa lewat laptop

Cara Video Call di WhatsApp Webs di Laptop Dengan Bluestack

Seperti yang sudah kami jelaskan kalau sampai detik ini belum ada cara video call di WhatsApp tanpa emulator. Namun, ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin VC di web dengan bantuan software. Sebelum melakukannya, sebaiknya pastikan koneksi wifi atau internet Anda cukup bagus sehingga prosesnya tidak terganggu.

  • Download Bluestack

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi Bluestack, untuk mendapatkan aplikasi ini anda cukup mengunjungi situs resmi mereka disini. Selanjutnya, pilih sistem operasi komputer. Terdapat 2 pilihan, yakni Windows dan MAC. Terakhir, klik Download dan tunggulah hingga terinstal sempurna.

  • Install Bluestack

Setelah download Bluestack, Anda perlu melakukan proses install sebelum bisa dijalankan. Klik Continue untuk meneruskan proses pemasangan. Tunggulah hingga muncul halaman berbeda dengan menu Install. Apabila Bluestack terlihat eror, mungkin proses downloadnya kurang sempurna.

Setelah klik Instal, Anda perlu sedikit bersabar karena proses antara laptop satu dengan lainnya sedikit berbeda. Apabila berhasil, maka layar komputer akan berubah ke menu utama dari Bluestack. Di sana terdapat berbagai pilihan aplikasi selayaknya Playstore.

  • Download WhatsApp

Pengunduhan WhatsApp di emulator ini tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu mengetikkan kata WhatsApp di kolom pencarian. Kolom Search terletak pada bagian kanan atas. Selanjutnya, tunggu beberapa saat hingga ikon WA muncul. Lalu, klik Install dan tunggulan beberapa saat.

Apabila proses download gagal, cek internet apakah jalan dengan baik atau tidak. Selanjutnya, instal ulang hingga aplikasi kesayangan Anda ini dapat terinstal secara sempurna. Jika telah terpasang, maka software pun siap untuk digunakan.

  • Log In WhatsApp

Apabila WA terinstal sempurna, maka bukalah. Tampilannya akan sama persis yang ada di Android. Segeralah login dengan memasukkan nomor telepon. Saat input nomor, pastikan tidak salah satu angka pun. Jika salah, maka WhatsApp tidak akan terbuka sama sekali dan diminta input ulang.

Selanjutnya, klik Click and Agree. Jika diminta restore data, pilih Continue jika informasi chat terakhir tidak ingin hilang. Beberapa menit kemudian, Anda telah masuk akun WhatsApp. Tenang, sampai sini prosesnya hampir selesai. Selanjutnya hanyalah mengoperasikan aplikasi seperti di Android.

  • Video Call

Langkah terakhir dan penting untuk dilakukan selanjutnya adalah melakukan VC via web. Berbeda dari panggilan suara yang hanya memperdengarkan suara, fitur dapat menyertakan gambar beserta suara selayaknya video. Sebelum meneruskan proses, pastikan Anda dalam keadaan siap melakukan tatap muka dengan orang lain.

Selanjutnya, arahkan tab ke bagian kanan bawah tepatnya arah pojok. Di sana terdapat menu Call. Kemudian carilah nomor kontak yang ingin diajak video call. Klik Continue jika muncul ikon mikrofon dan kamera. Proses pun selesai. Kini Anda bisa VC-an dengan teman maupun kerabat kesayangan Anda.

Menggunakan WhatsApp di Laptop Tanpa Emulator

Tak ingin menggunakan emulator seperti Bluestack? Sebenarnya seseorang dapat memakai WhatsApp web. Hampir semua fitur WA diizinkan kecuali video call. Jadi, Anda masih bisa menggunakannya untuk mengirim chat pada orang-orang di sekitar. Di bawah ini akan diulas secara singkat.

Lalu, bagaimana caranya? Caranya lebih mudah dibandingkan dengan download WA via Bluestack. Langkah pertama dapat dilakukan dengan menuju halaman WhatsApp Web atau web.WhatsApp.com. Jika berhasil, maka akan langsung muncul lambang barcode beserta petunjuk penggunaanya.

Anda diharuskan memindahkan scan barcode dari Android ke laptop. Sementara itu, bukalah WhatsApp di hp Anda dan klik 3 titik dipojok kanan atas. Pilihlah menu WhatsApp web sambil diarahkan ke layar komputer. Tahan hingga verifikasi berjalan lancar. Ulangi beberapa saat sambil cek koneksi internet.

Tak lama kemudian, Anda dapat menggunakan WhatsApp via laptop. Ini sangat praktis. Tanpa membuka WA Android, seseorang bisa mengirim chat atau gambar dengan komputernya. Sayangnya, web ini tak bisa berdiri sendiri sebab, ia akan disconnect jika data sesuler yang ada di Android mati. Maka dari itu, pastikan mengeceknya terlebih dahulu.

Baca juga :

Mungkin cukup sekian saja mengenai cara melakukan video call whatsapp di laptop, semoga ulasan yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semuanya, selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Gamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cannot copy