Emulator Android Ringan dan Terbaik 2020

emulator android

Emulator Android Ringan-Pilihan banyak game seru android saat ini memang memberikan kita pengalaman baru dalam bermain game, akan tetapi seperti yang kita tahu ketika anda menggunakan smartphone, maka tampilan menjadi hal yang cukup menjadi kendala, dikarenakan memiliki ukuran layar yang kecil,untuk itu salah satu solusinya adalah dengan menginstall emulator.

Menggunakan emulator Android di laptop atau PC bisa memberikan beberapa keuntungan seperti kemudahan dalam memainkan game. Saat ini, ada banyak sekali jenis emulator Android yang ada dan bisa diunduh secara gratis. Namun, ternyata tidak banyak pilihan emulator Android yang ringan dan cepat. Berikut ini ada beberapa pilihan emulator Android ringan dan cepat yang bisa diunduh.

Kumpulan Emulator Ringan Android

1. Bluestacks

Bluestacks merupakan emulator Android ringan dan cepat yang sudah sangat populer di kalangan para pecinta game dan Android. Emulator Android ini banyak disukai karena performanya yang baik dan stabil. Bluestacks tidak hanya diperuntukkan bagi pengguna Windows saja, karena Bluestacks juga memiliki versi yang bisa digunakan untuk pengguna Mac.

Bluestack memiliki banyak fitur yang membuat penggunanya memungkinkan untuk memainkan game secara bersamaan. Pengguna emulator Android ini bahkan bisa memainkan game Android dengan akun yang berbeda dalam satu game yang sama secara bersamaan. Bluestacks juga tidak hanya bisa digunakan untuk game, tetapi digunakan untuk menginstall berbagai aplikasi lain seperti WhatsApp dan Line.

Bagi pengguna Windows, emulator Bluestacks ini membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi menggunakan sistem operasi Windows 7 atau setelahnya. Kemudian RAM yang tersisa minimal ada 2 GB dengan ruang kosong pada harddisk sebesar 4GB yang digunakan untuk menyimpan data dan aplikasi game Android.

Untuk memaksimalkan tampilan grafis pada game yang dimainkan, sebaiknya gunakan driver grafis teranyar dan menggunakan processor Intel atau AMD. Bluestacks bisa diunduh secara gratis dan bisa langsung digunakan. Emulator ini sendiri dapat anda unduh disitus resmi mereka disini.

2. Droid4X

Droid4X menjadi salah satu pilihan emulator Android ringan dan cepat yang bisa dicoba. Emulator Android ini sudah memiliki fitur touch screen sehingga bisa digunakan pada laptop atau komputer yang sudah mendukung fitur tersebut. Droid4X juga menjadi emulator Android yang cukup ringan dan cepat untuk bermain game.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menggunakan emulator Android Droid4X ini adalah sistem operasi minimal Windows XP. Minimal RAM yang dibutuhkan sebesar 2GB, sementara untuk harddisk yang dibutuhkan minimal 2GB juga.

Pengguna Droid4X bisa langsung bisa melakukan menginstall apk game dari laptop atau komputer ke layar aplikasi emulator Android ini. Pengaturan yang sederhana juga membuat emulator ini banyak digemari. Apalagi berdasarkan tinjauan dari berbagai penggunanya, emulator Droid4X ini tidak memunculkan lag saat bermain game. Emulator Droid4X ini juga menampilkan grafis yang cukup baik.

Emulator Droid4X banyak digunakan untuk memainkan game karena memiliki pengaturan khusus untuk gaming. Selain itu, Droid4X juga memiliki fitur spesial untuk merekam layar emulator saat bermain game.

koplayer

3. KoPlayer

Selanjutnya ada KoPlayer yang menjadi salah satu pilihan emulator Android ringan dan cepat yang layak untuk dicoba. Penggunanya bisa menggunakannya untuk memainkan game atau menggunakan aplikasi-aplikasi Android di dalam emulator. Pengaturan instalasi emulator ini juga sangat mudah dan sederhana, bahkan penggunanya juga bisa memilih untuk memberikan pengaturan apapun pada emulator.

Dengan koneksi internet, pengguna emulator KoPlayer sudah bisa mengunduh dan memasang berbagai aplikasi langsung dari PlayStore. Pengguna emulator ini juga bisa memasang aplikasi yang telah diunduh sebelumnya di laptop cukup dengan menarik berkas aplikasinya dari laptop ke emulator.

Emulator KoPlayer menawarkan berbagai fitur kualitas tinggi yang bisa langsung digunakan oleh penggunanya. Pengguna emulator KoPlayer bisa langsung menjalankan dan menikmati game yang biasa dimainkan dengan kualitas video dan audio yang lebih baik. Emulator KoPlayer ini bisa diunduh secara gratis.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menginstal emulator KoPlayer di laptop juga tidak begitu rumit. Dengan RAM minimal 2GB dan didukung oleh sistem operasi Windows 7 saja sudah cukup untuk menginstal KoPlayer. Namun yang perlu diperhatikan, KoPlayer membutuhkan kartu grafis yang sudah mendukung OpenGL 2.1 agar dapat memberikan grafis yang baik.

4. LeapDroid Emulator Android

LeapDroid Emulator Android ini termasuk ke dalam emulator Android ringan dan cepat yang paling banyak dicari dan digunakan. Kelebihannya karena emulator ini bahkan bisa menggunakan dan memainkan aplikasi atau game Android yang baru rilis dengan baik. Tidak banyak pengaturan yang harus disesuaikan untuk menggunakan emulator ini.

Dalam versi terbarunya, LeapDroid Emulator Android ini tidak membutuhkan spesifikasi yang besar dalam instalasinya. Cukup dengan sistem operasi Windows 7 yang didukung dengan GPU GL 2.1 dan RAM minimal 2GB sudah bisa menggunakan emulator ini dengan lancar. Namun, agar dapat menggunakannya dengan maksimal, setidaknya siapkan memori kosong sebesar 2GB dan mengaktifkan Hyper-V bila ada.

Pengguna yang menggunakan LeapDroid akan menemukan bahwa tampilan emulator ini begitu sederhana. Hal ini disengaja agar pengembangnya dapat memaksimalkan kecepatan LeapDroid menjadi maksimal.

5. MEmu Play

Emulator android ringan dan cepat selanjutnya yang menjadi pilihan untuk dicoba adalah MEmu Play. Emulator Memu Play ini memudahkan penggunanya untuk menjalankan program-program Android di laptop atau komputer. Performanya juga sangat stabil dan ringan saat dijalankan. Tersedia berbagai pengaturan yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kelancaran saat menggunakan aplikasi Android, termasuk game.

Memu Play menjadi emulator Android yang banyak digemari karena keamanannya yang sudah terjamin. Emulator Android yang baru saja meluncurkan versi terbarunya pada Maret lalu ini sangat aman dan tidak mudah untuk disusupi oleh virus-virus. RAM yang dibutuhkan juga tidak besar dan bisa mendukung berbagai kartu grafik baik Nvidia maupun AMD.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal dan memaksimalkan Memu Play antara lain sistem operasi minimal menggunakan Windows 7. Ruang kosong pada harddisk disarankan minimal 5GB dengan minimal RAM yang tersedia di atas 2GB.

nox

6. NOX Player

Selanjutnya, ada NOX Player yang menjadi pilihan emulator Android ringan dan cepat yang bisa dicoba di rumah. Emulator NOX Player ini juga sudah mendukung untuk sistem operasi Windows dan Mac. NOX Player juga memiliki fungsi atau fitur untuk dapat membuka game atau aplikasi secara bersamaan.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan NOX Player antara lain sistem operasi Windows 7 yang sudah didukung oleh DirectX 9.0c. Kemudian untuk grafis sebaiknya gunakan laptop atau komputer yang sudah didukung oleh Open GL 2.0.

7. YouWave

Terakhir, ada emulator YouWave yang menjadi pilihan emulator Android yang bisa dicoba selanjutnya. Emulator YouWave ini terkenal sebagai emulator Android yang paling ringan dibandingkan pilihan emulator yang lain. Uniknya, emulator ini memiliki versi berbayar untuk dapat menggunakan fasilitas dan fitur yang lebih tinggi. Namun, versi gratisnya saja sudah lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Spesifikasi yang dibutuhkan oleh YouWave antara lain sistem operasi Windows 7 dengan processor Intel Pentium 1,6 GHz. Kemudian memori yang tersedia setidaknya 500MB saja dengan RAM 2GB.

Baca juga:

Akhir Kata

Menggunakan emulator Android menjadi sebuah jalan pintas yang bisa dilakukan untuk dapat memainkan dan menjalankan berbagai aplikasi Android di laptop atau komputer. Beberapa pilihan emulator Android ringan dan cepat di atas bisa menjadi rekomendasi yang bisa digunakan. Semua pilihan emulator tersebut sangat mudah dijalankan tanpa perlu melakukan pengaturan yang rumit.

You May Also Like

About the Author: Gamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cannot copy